Sabtu, 25 Januari 2014

GEMPA BUMI : USGS Klaim Pusat Gempa Bukan di Kebumen, tapi Cilacap

Solopos.com, SOLO – Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengklaim pusat gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (25/1/2014) pukul 12.14 WIB berada di Cilacap. Hal ini berbeda dengan informasi yang disajikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang mengklaim pusat gempa terjadi di Kebumen.
Dari data yang disajikan BMKG melalui akun Twitter @infoBMKG, menyatakan gempa berkekuatan 6,5 skala Ritcher, berpusat di 104 km Barat Daya Kebumen, Jateng.
Sementara jika mengacu laporan USGS dalam laman earthquake.usgs.gov, lindu terjadi dengan kekuatan 6,1 skala Richter, berpusat di di 39 kilometer Adipala, pada kedalaman 83,2 km. Adipala merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Cilacap, berbatasan dengan Kebumen.
Gempa terasa cukup di sejumlah kota di Jateng dan DIY, termasuk Solo. Dilansir Liputan.com, gempa yang dirasakan di Yogyakarta bahkan sempat membuyarkan anak-anak SMK 1 Sedayu.
“Ada yang pingsan karena trauma gempa Yogya yang lalu,” demikian informasi dari pembaca Liputan6.com.
Sementara di Solo, beberapa warga di wilayah Kartasura, Sukoharjo, Colomadu, juga sempat merasakan gempa. Meski demikian, gempa terasa dalam skala kecil. “Saya kira pusing, tapi ternyata gempa. Saya tanyakan ke tetangga, juga mengalami,” tutur warga Kartasura, Dewi Aprianti, kepada Solopos.com.

0 komentar:

Posting Komentar