Senin, 25 Maret 2013

Perbaikan Terminal Kartasura Sasar Selter dan Pelataran Kios

Sejumlah calon penumpang sedang menunggu bus di Terminal Kartasura, beberapa waktu lalu. dokJIBI/SOLOPOS KARTASURA-Perbaikan Terminal Bus Kartasura akan menyasar selter (pemberhentian) bus dan pelataran kios sebelah selatan terminal. Menurut rencana, perbaikan dimulai pada triwulan kedua tahun ini.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sukoharjo, Bambang Sri Wahyono, ketika dihubungi Solopos.com, Kamis (14/3/2013), memaparkan akan ada dua selter tambahan di Terminal Bus Kartasura. Penambahan selter bertujuan memaksimalkan pelayanan kepada calon penumpang. Saat ini, hanya ada satu selter bus di terminal tersebut, yakni di bagian barat terminal. Calon penumpang yang menunggu di sisi timur terminal kurang terakomodasi dengan kondisi ini.
Selain menambah selter, pihaknya akan memberi tambahan peneduh di pelataran kios yang berada di sebelah selatan terminal. Bagian tersebut hingga kini belum memiliki peneduh permanen seperti yang ada di dua bagian lain. “Dana yang disediakan untuk perbaikan Rp1 miliar. Sebesar Rp60 juta digunakan untuk konsultan dan pengawasan, sisanya digunakan untuk membiayai dua perbaikan itu,” ujarnya.
Dia melanjutkan, saat ini perbaikan terminal masuk dalam tahap perencanaan. Bulan depan, pihaknya berencana melakukan lelang untuk menentukan pelaksana perbaikan.
Salah satu pemilik agen bus malam di Terminal Bus Kartasura yang ditemui Solopos.com, Harsono, menyambut baik wacana pebaikan terminal. Dia dan sembilan pemilik kios di sebelah selatan terminal berswadaya membuat peneduh di pelataran kios. Peneduh dari asbes dan kayu seadanya itu kini telah berumur delapan tahun. “Kebutuhan peneduh bagi 10 kios sangat mendesak. Kios di deretan selatan memang yang paling ramai calon penumpang. Mereka sering berdesakan saat menanti keberangkatan bus di bawah hujan atau terik matahari akibat minimnya peneduh,” katanya.
Dian Erika Nugraheny/JIBI/SOLOPOS

0 komentar:

Posting Komentar