Kamis, 11 April 2013

Muspika Kartasura Bakal Tertibkan Tempat Kos

Unsur musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) Kartasura berencana melakukan penertiban tempat kos untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Penertiban itu akan didahului proses sosialisasi kepada pemilik kos.

Menurut Camat Kartasura, Baktiyar Zunan, pihaknya telah melakukakn koordinasi dengan unsur muspika lainnya terkait rencana tersebut. Dalam pengawasan kos pihaknya berencana menggandeng Ketua RT/RW dan kepala desa/lurah setempat. “Kami ingin memahamkan pemilik kos dulu karena segala sesuatu kan yang menentukan pemilik. Kami juga tidak akan langsung ekstrem melarang kos campur antara laki-laki dan perempuan. Pelan-pelan dulu. Waktu dekat ini yang terpenting pendataan atau tertib administrasi dan keamanan tercipta dulu,” terangnya.
Menurut Zunan, usaha kos selain memberikan untung kepada pemilik kos juga dapat menggerakkan ekonomi warga sekitar dengan membuka usaha laundry, warung makan dan sebagainya. Oleh karena itu, kos-kosan akan tetap ada dan hanya ditata, tidak dilarang. Zunan juga berharap masing-masing kos memiliki aturan mengenai jam malam dan ada induk semang yang tinggal di kos tersebut supaya mudah diawasi sehingga tidak disalahgunakan.
Sebelum memberikan sosialisasi kepada pemilik kos, Zunan mengungkapkan muspika sudah melakukan kegiatan patroli untuk memantau keamanan sejak tahun lalu. Hal ini lantaran kos di Pabelan atau sekitar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sering terjadi pencurian sepeda motor. Sosialisasi tersebut menurut rencana akan dilakukan di masing-masing desa yang banyak tempat kos seperti Gonilan, Pabelan, Gumpang, Makamhaji dan Pucangan.
sumber : solopos.com

0 komentar:

Posting Komentar